29
Okt
09

NILAI-NILAI KEMANUSIAAN

(Refleksi Living Values An Educational Program AMAN, BERNILAI, DIHARGAI, DIPAHAMI, DICINTAI

Saat ini kita harus menghadapi kenyataan, bahwa anak-anak kini tengah tumbuh dalam ‘kegalauan sosial’, budaya kekerasan dan penyimpangan tak hanya muncul lewat berbagai saluran media massa: tv, film, dan bacaan, tapi juga dalam macam ragam contoh pengalaman hidup. Antara pengajaran dan kenyataan yang dihadapi justru saling bertentangan, haruskah kita memisahkan anak-anak dari hubungan konkrit kehidupan?
Ketika kita mau berbicara jujur pada hati untuk sesaat, ternyata ada “air mata” untuk setiap kata yang dituangkan dalam perilaku sehari-hari terhadap semua yang dihadapi. Ketika kita mulai menyadari dan mempertanyakan, bahwa kita kehilangan diri sendiri, apakah ada yang dapat mengembalikan “kehidupan” di tengah kegelapan yang menyelimuti?, ya tentu saja HARAPAN adalah sinar yang dapat membantu untuk menyadarkan, bahwa kita semua adalah manusia yang mempunyai NILAI-NILAI untuk menjadi manusia seutuhnya.
Bila menginginkan kehidupan yang AMAN, sebaiknya kita juga harus menyadari apakah sudah memberikan rasa aman pada anak-anak, orang-orang yang berada disekitar lingkungan, karena ternyata hanya dengan perasaan AMAN kita mampu melangkah menuju apa yang diinginkan. Bila semua sudah mempunyai rasa AMAN, maka kita akan merasakan bahwa ternyata ada sesuatu di dalam diri, merasakan bahwa kita BERNILAI bagi semua yang ada, karena hanya dengan perasaan BERNILAI kita mampu berada di tengah keluarga dan masyarakat. Bila kita mampu melihat bahwa kita semua BERNILAI, maka akan tumbuh perasaan saling MENGHARGAI diantara sesama, karena perasaan DIHARGAI oleh orang lain akan membuat kita berarti berada diantara mereka. Bila kita mampu menumbuhkan perasaan saling MENGHARGAI, maka kita pun harus dapat MEMAHAMI untuk dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, sehingga mampu merasakan apa yang terjadi dengan orang lain itu, karena dengan DIPAHAMI maka seseorang akan merasa bahwa kita ada untuk mereka, dan CINTA adalah nilai yang akan selalu hadir dalam diri yang sangat dibutuhkan dalam perwujudan interaksi dengan sesama. Kita akan menerima perasaan DICINTAI setelah dapat memberikan CINTA pada orang lain tanpa melihat siapa orang itu. Jadi, NILAI DASAR dari manusia yaitu; AMAN, BERNILAI, DIHARGAI, DIPAHAMI, dan DICINTAI inilah yang mampu membuat kita menjadi manusia seutuhnya.
Sejatinya, potensi dan kemampuan anak-anak kita di masa depan mestilah lebih baik dari kita, orang tua dan para pendidiknya. Tentunya, jawaban untuk menjalani hidup di tengah masyarakat yang penuh kecemasan tak hanya bergantung pada kemampuan kita mendidik sang anak. Paling penting justru merangsang dan menumbuhkan daya kemampuan anak untuk bersikap responsif serta kritis.


0 Responses to “NILAI-NILAI KEMANUSIAAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Laman

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: